SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA BALIKPAPAN

Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rencana Kerja DP3 Balikpapan Tahun 2024

Friday - 10 Februari 2023 - Dibaca: 35 kali

Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah (PD) di Aula Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan pada hari Rabu, 8 Februari 2023. Forum PD adalah tahapan perencanaan pasca Musrenbang RKPD Tahun 2023 di tingkat Kecamatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Acara tersebut diadakan dengan metode luring (offline) dengan menerapkan protokol kesehatan. Forum PD bertujuan untuk menyelaraskan antara usulan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan, Pokok-pokok Pikiran (Pokpir) DPRD, dan usulan Perangkat Daerah. Hasil dari Forum PD akan dibahas lebih lanjut pada Musrenbang RKPD Tahun 2023 tingkat Kota Balikpapan.

Forum tersebut dimoderatori oleh Sekretaris DP3, S.Hidayatullah Nihe dan Ayu Trisna Susanti selaku Master of Ceremony (MC) dan dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Utusan Perangkat Daerah Tingkat Provinsi Kaltim, Ketua KTNA Kota Balikpapan, Kelompok Wanita Tani (KWT), serta unsur-unsur masyarakat Lainnya.

Forum diawali dengan Pembukaan yang diisi dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Do' a. Dilanjutkan arahan dan sambutan Kepala Dinas Pangan, .Pertanian dan Perikanan Kota Ba]ikpapan, kemudian arahan dari ketua Komisi II oleh Bpk. Suwanto, dan sambutan beberapa perwakilan dinas Provinsi terkait (Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim)

 

Kemudian dilanjutkan dengan agenda paparan- paparan : 

Pemaparan pertama tentang Ranwal Renja 2024 oleh Kepala Dinas Pangan,Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan . Didalamnya dibahas mengenai tugas dan fungsi OPD serta untuk melakukan sinkronisasi antara usulan kegiatan masyarakat dengan rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2024 serta anggaran yang disediakan untuk program dan kegiatan Perangkat Daerah. Selanjutnya Paparan berikutnya oleh perwakilan Bappeda yakni Perencana Irena Febrianti, yang menyampaikan mengenai peran tahapan Forum PD dalam proses perencanaan pembangunan, Terna Pembangunan Kota Balikpapan Tahun 2024 dan Permasalahan Pembangunan Daerah Tahun 2024. Setelah sesi pemaparan selesai, forum dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab. Usulan disepakati selanjutnya akan menjadi input pada SIPD bagi pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kota Balikpapan dan menjadi masukan bagi penyusunan RKPD Tahun 2024. Acara Forum diakhiri dengan Pembacaan dan Penandatanganan Berita Acara Forum Perangkat Daerah.