SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA BALIKPAPAN

Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023

Tuesday - 15 Agustus 2023 - Dibaca: 65 kali

(Samarinda 12/08/2023) Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura melakukan sosialisasi dan edukasi penganekaragaman konsumsi pangan sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mencegah stunting melalui Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Provinsi Tahun 2023 bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Timur.

Salah satu agenda utama dalam Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Provinsi Kalimantan Timur yaitu Lomba yang terdiri dari 2 kategori yaitu Kreasi Menu B2SA untuk Ibu Hamil dan Kreasi Menu Sarapan B2SA Bekal Anak Sekolah Remaja Putri Usia 12 Tahun.

Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan bersama dengan TP PKK Kota Balikpapan khususnya POKJA III mengirim 2 peserta untuk mengikuti gelaran lomba tersebut. Kota Balikpapan sukses memenangkan Juara I untuk kategori Kreasi Menu B2SA untuk Ibu Hamil yang terdiri dari 5 paket menu yaitu Menu Sarapan, Kudapan Pagi, Makan Siang, Kudapan Sore, dan Makan Malam. Sedangkan untuk kategori Kreasi Menu Sarapan B2SA Bekal Anak Sekolah Remaja Putri Usia 12 Tahun, Kota Balikpapan meraih Juara II.

Dengan diselenggarakannya kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun ini diharapkan dapat mendukung peningkatan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), kemudian untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa sumber karbohidrat tidak hanya berasal dari beras dan terigu, melainkan bisa diperoleh dari bahan pangan lokal lainnya, dan yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal